Rabu, 12 November 2008

Profil Sekolah Kreatif 16 Sby

Pada tahun ajaran 2004-2005, Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya telah memasuki tahun ke-3 dalam menerapkan model pembelajaran baru.Alhamdulillah, banyak pengalaman yang dapat dipetik. Beberapa perkembangan yang menggembirakan telah pula dicapai, walau tentu saja tantangan dan kendala yang harus dihadapi juga bertambah berat. Tetapi pengelola sekolah terus melangkah dengan semangat pembaharuan sesuai dengan semangat dasar Muhammadiyah sebagai gerakan pembaharu.Perkembangan yang menggembirakan ini antara lain terlihat dari respon positif masyarakat terhadap keberadaan Sekolah Kreatif ini. Meningkatnya jumlah siswa baru dari tahun ke tahun merupakan indikasi konkret bahwa model pembelanjaran Sekolah Kreatif secara bertahap telah diterima dan disadari manfaatnya. Media massa juga sering mengekspos kegiatan sekolah karena dinilai kreatif dan inovatif.Visi dan Misi:Sekolah Kreatif mempunyai Visi; Unggul dalam prestasi dan berpijak sesuai dengan Islam. Dan mempunyai Misi:- Meningkatkan mutu pendidikan dasar sesuai dengan perkembangan.- Meningkatkan prestasi dibidang minat bakat sesuai dengan potensi anak.Mempunyai keunggulan; Imajinatif, Kreatif, dan InovatifBerkarakter; Religi, Demokrasi, dan EnjoyDengan satu motto; Selalu Berusaha untuk Lebih Baik Ekstra Kurikuler:Kegiatan ekstra kurikuler dilaksanakan pada hari efektif setelah pelajaran selesai selama 1 jam. Jenis ektra kurikuler meliputi;Renang, Karawitan, Jurnalistik, Nasyid, Tapak Suci, Musik (gitar), Tari, Olah vokal, Komputer, Wushu, Biola, Seni rupa (lukis, patung), Presenter/teater, Sepak bola, Qiro'ah.Peserta Didik:Sekolah Kreatif menerapkan kelas kecil dengan jumlah siswa maksimal 25 anak yang dibina oleh dua guru. Hal ini agar pembinaan, perhatian, dan pengamatan terhadap anak dapat optimal, kemampuan dasar anak dapat diketahui sejak dini.Desain Ruang Kelas:Tiap kelas rata-rata berukuran 8x6 m. Bentuk kelas dan dinding serta ventilasi dirancang tidak formal dengan warna yang beraneka. Ventilasi dinding dibuat dalam bentuk bangun-bangun geometri seperti lingkaran, trapezium, dan persegi. Bentuk meja juga dimodel variasi layaknya bangun datar (matematika).Sedang di dalam kelas terdapat papan kreativitas yang membentang sepanjang dinding kelas, kurang lebih 22 meter. Papan ini digunakan untuk memamerkan hasil kerja dan kreativitas siswa seusai menyelesaikan mata pelajaran tersebut.Ngaji Morning:Aktifitas baca tulis Al-Qur'an dilaksanakan setiap hari mulai Senin hingga Kamis sekitar 30 menit sebelum mata pelajaran pertama dimulai. Pola pembelajaran diatur sebagai berikut:- Pembinaan dilaksanakan secara kelompok dan individual.- Tiap kelompok terdiri dari 5-8 anak.- Penentuan kelompok berdasarkan kemampuan anak, bukan berdasarkan kelas.- Seluruh ustadz-ustadzah terlibat aktif dalam pembinaan ngaji morning.Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya tidak mewajibkan anak untuk memiliki buku paket. Di Sekolah Kreatif tidak hanya perkembangan intelektual anal yang dipantau sekolah tetapi juga pengembangan emosi, leadership, dan kepribadiannya. Pembinaan Model Inklusif, Data Base Anak, dan Komunikasi dengan Wali murid juga sangat ditekankan di Sekolah Kreatif. Sehingga, diharapkan potensi setiap siswa dapat berkembang secara kreatif.

Kurikulum yang digunakan di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 mengacu pada kurikulum nasional dan kurikulum Pendidikan Dasar Muhammadiyah yang telah disesuaikan sehingga tidakmemberatkan siswa. Selain kurikulum tersebut Sekolah Kreatif juga membekali materi yangdisebut transforable knowledge, menganalisis informasi, mengambil keputusan, bekerja sama dan berkomunikasi dengan pihak lain. Struktur Program/Alokasi waktu Mapel Sekolah Kreatif (Dikdasmen Muhammadiyah & Diknas 2004)
No
Mata Pelajaran
Alokasi Waktu
I-II
III-IV
V-VI
1.2.3.4.5.6.7.8.9.10.11.12.13.
ReligionNgaji MorningPPKnBahasa IndonesiaBahasa InggrisMatematikaSainsSosialBahasa JawaMusikArtPenjaskesAssemblye
44264622*)2221**)
6426485422221**)
64283106522221**)

Jumlah
37
48
53

Catatan:*) Disesuaikan dengan sikon**) Dua minggu sekali
AKTIVITAS SISWA:
No
Waktu
Aktivitas
1.2.3.4.5.6.
07.30 - 08.00 08.00 - 10.2010.20 - 10.40 10.40 - 11.50 11.50 - 12.5012.50 - 14.35
Ngaji MorningProses Belajar istirahatProses BelajarIsomaProses BelajarMETODE PEMBELAJARAN:a. Pembelajaran Edutainment (education entertainment)Learning by Moving and Doing, Learning by Talking and Learning, Learning by observing and picturing, Learning by problem and reflecting.b. Aplikasi Pembelajaran EdutainmentBelajar melalui bermain untuk mengaspirasikan emosi siswa melalui kegiatan tersebut yang kemudian diajak mengerjakan materi pelajaran pada saat itu. Mengenal benda dan obyek secara konkret dengan pembelajaran di luar kelas, memberikan ruang gerak yang cukup dan mendorong berkembangnya daya nalar dan kreativitas anak.Lembar Kerja Kreatif (LKK) dibuat bervariatif dan kreatif dengan memanfaatkan banyak kertas. Hasil pekerjaan siswa dipajang dinding pamer kelas selama 2-3 minggu.Sekolah Kreatif tidak menggunakan buku paket tertentu. Penyeragaman dan pembatasan literatur dihindari sehingga siswa boleh memperoleh bahan pelajaran dari sumber apa saja sepanjang relevan seperti dari buku-buku perpustakaan, majalah, jurnal, VCD, siaran TV, praktisi, hingga internet. Setiap kelas terdapat perpustakaan mini, komputer, dan rak folder siswa.c. Model EvaluasiDalam evaluasi tidak berlaku lagi model konvensional. Penilaian tidak hanya secara kuantitatif (angka-angka di raport) tetapi juga secara kualitatif dalam bentuk narasi. Sisi yang dievaluasi tidak hanya kompetensi akademik dan ketrampilan motorik, tetapi juga ketrampilan sosial, kepribadian dan leadership.

Tidak ada komentar: